uju dingolukkon ma nian


Di kantor lagi menggandrungi lagu ini, awalnya ga tau lagu apa ini, maklum bukan orang batak. Sering denger lagu ini kalo ada acara kawinan di Medan. Enak didenger..setelah tau judulnya, browsing, oh.. ternyata lagu ini mengharukan. tentang orang tua...isi hati orang tua ketika sudah beranjak lanjut usia...
Jadi teringat orang tua,semoga selamanya bisa menjadi anak yang berbakti, bisa merawat dan menjaga orang tua di usia senja mereka. Alhamdulillah, sangat bersyukur bahwa hingga hari ini saya masih memiliki orang tua yang lengkap.
Love u mama, bapak..

Hamu anakkon hu, tampuk ni pusu-pusu ki

Pasabar ma amang, pasabar ma boru
Laho pature-ture ahu
Nunga matua au, jala si togu-togu on i,
Sulangan mangan ahu, siparidion ahu
Ala ni parsahiton hi

So marlapatan marende, margondang, marembas hamu
Molo dung mate ahu
So marlapatan nauli na denggan patupaon mu
Molo dung mate ahu
Uju di ngolungkon ma nian
Tupa ma bahen angka na denggan
Asa tarida sasude holong ni roha mi mar natua-tua i.

ARTINYA:
Hai anakku, buah jantung hatiku,
Bersabarlah amang (sebutan untuk anak laki2, kalo di jawa 'le'), bersabar lah boru (sebutan untuk anak perempuan, kalo di jawa 'ndhuk'), untuk merawat aku
Aku sudah tua, dan harus dituntun berjalan
Aku harus di suapi makan dan dimandikan, karena penyakitku

Tak ada artinya walau kamu menyanyi, menabuh gendang, atau menari
Kalau aku sudah meninggal
Tak ada artinya yang baik yang kamu lakukan
Kalau aku sudah meninggal
Semasa hidupku lah semestinya
Kamu melakukan hal-hal yang baik
Agar terlihat cinta dan kasihmu terhadap orang tuamu.




dec 9, '11 5:30 am

Comments

Popular posts from this blog

jembatan siti nurbaya, before and after earthquake

Polisi Sahabat Anak-anak

A Tower for reminder